BISNIS
INTERNASIONAL
Pengertian Bisnis Internasional secara singkat adalah
semua transaksi bisnis baik swasta maupun pemerintah yang melibatkan dua negara
atau lebih.
1. HAKIKAT BISNIS INTERNASIONAL
Bisnis internasional adalah sebuah kegiatan bisnis yang dilakukan melewati batas-batas suatu negara. Transaksi bisnis seperti ini adalah transaksi bisnis internasional yang sering disebut sebagai Bisnis Internasional (International Trade), ada juga yang menyebutnya sebagai Pemasaran Internasional atau International Marketing. Di lain pihak, transaksi bisnis itu dilakukan oleh suatu perusahaan dalam suatu negara dengan perusahaan lain atau individu di negara lain juga disebut Pemasaran Internasional atau International Marketing. Pemasaran internasional inilah yang biasanya diartikan sebagai Bisnis Internasional, meskipun pada dasarnya ada dua pengertian. Jadi kita dapat membedakan adanya dua buah transaksi bisnis Internasional yaitu:
a. Perdagangan Internasional (International Trade)
1. HAKIKAT BISNIS INTERNASIONAL
Bisnis internasional adalah sebuah kegiatan bisnis yang dilakukan melewati batas-batas suatu negara. Transaksi bisnis seperti ini adalah transaksi bisnis internasional yang sering disebut sebagai Bisnis Internasional (International Trade), ada juga yang menyebutnya sebagai Pemasaran Internasional atau International Marketing. Di lain pihak, transaksi bisnis itu dilakukan oleh suatu perusahaan dalam suatu negara dengan perusahaan lain atau individu di negara lain juga disebut Pemasaran Internasional atau International Marketing. Pemasaran internasional inilah yang biasanya diartikan sebagai Bisnis Internasional, meskipun pada dasarnya ada dua pengertian. Jadi kita dapat membedakan adanya dua buah transaksi bisnis Internasional yaitu:
a. Perdagangan Internasional (International Trade)
Perdagangan internasional yaitu
proses tukar menukar yang didasarkan atas kehendak dari masing-masing Negara.
Adapun motifnya adalah mendapatkan manfaat perdagangan atau gains of tride.
Manfaat Perdagangan Internasional:
1. Saling bertukar
teknologi guna mempercepat pertumbuhan ekonomi
2. Menjalin
persahabatan antar negara
3. Dapat membuka
lapangan pekerjaan di negara yang menjadi tujuan pemasaran
4. Dapat menambah
jumlah dan kualitas barang
5. Meningkatkan
penyebaran sumber daya alam yang dibutuhkan oleh negara lain.
b. Pemasaran Internasional (International Marketing)
Pemasaran Internasional dianggap punya andil yang besar dalam
memberikan jawaban dan antisipasi positif terhadap sejumlah isu global yang
terus menyebar dan berubah dari waktu ke waktu. Pemasaran
internasional yang sering disebut sebagai bisnis Internasional (International
Business) merupakan keadaan dimana suatu perusahaan bisa melakukan suatu
transaksi bisnis dengan negara lain, dengan perusahaan lain ataupun
dengan masyarakat umum di luar negeri. Transaksi bisnis internasional ini pada
umumnya adalah upaya yang dilakukan untuk memasarkan hasil produksi di luar
negeri.
2. ALASAN MELAKSANAKAN BISNIS INTERNASIONAL
Alasan suatu negara melakukan bisnis internasional antara lain:
2. ALASAN MELAKSANAKAN BISNIS INTERNASIONAL
Alasan suatu negara melakukan bisnis internasional antara lain:
1. Tidak semua negara memiliki sumber daya alam yang dibutuhkan dan diinginkan
2. Apabila suatu negara mengalami kondisi dimana lebih murah
membeli dibanding memproduksi
3. Penjualan secara langsung dapat meningkatkan kondisi
keuangan suatu negara. Semakin luas suatu negara memasarkan produknya, semakin
banyak pula untung yang akan didapat oleh negara tersebut
4. Suatu Negara ingin melakukan perdagangan internasional
karena ingin melaksanakan transfer teknologi, dimana transfer teknologi modern berjalan
lebih cepat karena teknik produksi yang efisien dapat dipelajari dan diterapkan
dengan mudah. Cara-cara manajemen yang lebih modernpun dapat dengan
mudah diserap dan diterapkan.
a. Konsep Keunggulan Absolut
a. Konsep Keunggulan Absolut
Adam Smith mengemukakan pendapatnya bahwa setiap negara
akan mendapatkan manfaat perdagangan internasional apabila melakukan
spesialisasi produksi dan mengekspor barang ketika negara tersebut punya
keunggulan mutlak, serta mengimpor barang ketika negara tersebut punya ketidakunggulan
mutlak. Teori absolute advantage ini didasarkan kepada beberapa
asumsi pokok antara lain: Faktor produksi yang digunakan hanya tenaga kerja.
Kualitas barang yang diproduksi kedua negara sama. Pertukaran dilakukan secara
barter atau tanpa uang. Biayatransport ditiadakan.
b. Konsep Keunggulan Komparatif
b. Konsep Keunggulan Komparatif
Teori keunggulan komparatif adalah sebuah teori yang
dikemukakan oleh David Ricardo. Menurutnya, perdagangan
internasional terjadi jika ada perbedaan keunggulan komparatif antarnegara.
Ia menjelaskan bahwa keunggulan komparatif akan tercapai jika suatu
negara mampu memproduksi barang dan jasa yang lebih banyak dengan biaya yang
lebih sedikit dibanding negara lainnya.
c.
Potensi Pasar Internasional
Potensi pasar ditentukan oleh tiga faktor yaitu struktur
penduduk, daya beli serta pola konsumsi masyarakat. Struktur penduduk yang
bervariasi membuat Perusahaan Multinasional harus memikirkan daerah mana yang
cocok untuk memasarkan produknya. Daya beli yang bervariasi membuat perusahaan
tersebut harus membuat dan memasarkan produk yang sesuai sehingga dapat
menjangkau semua golongan. Pola konsumsi masyarakat yang tinggi mempermudah
perusahaan tersebut menjual produknya dan mereka akan meningkatkan jumlah
produksinya secara bertahap, sementara pola konsumsi yang rendah akan
menyulitkan perusahaan memasarkan produknya sehingga mereka akan menurunkan
jumlah produksinya secara bertahap.
3. TAHAP-TAHAP DALAM MEMASUKI BISNIS INTERNASIONAL
3. TAHAP-TAHAP DALAM MEMASUKI BISNIS INTERNASIONAL
Perusahaan yang memasuki bisnis internasional pada umumnya
perlu menjalankan beberapa tahapan, baik tahap yang paling
sederhana dimana tidak mengandung resiko sampai dengan tahap yang paling kompleks
dan mengandung risiko bisnis yang sangat tinggi. Proses-proses tersebut secara
kronologis adalah sebagai berikut :
1. Ekspor
Insidentil
2. Ekspor Aktif
3. Penjualan Lisensi
4. Franchising
5. Pemasaran di Luar Negeri
6. Produksi dan Pemasaran di Luar Negeri
3. Penjualan Lisensi
4. Franchising
5. Pemasaran di Luar Negeri
6. Produksi dan Pemasaran di Luar Negeri
4.
HAMBATAN DALAM MEMASUKI BISNIS INTERNASIONAL
Pelaksanakan bisnis internasional
memiliki hambatan yang jauh lebih besar ketimbang di pasar domestik.
Negara lain pasti punya kepentingan tersendiri untuk menghambat terlaksananya
transaksi bisnis internasional. Selain itu kebiasaan atau budaya negara lain
tentu saja akan berbeda dengan negeri sendiri. Oleh karena itu, ada
beberapa hambatan dalam memasuki bisnis internasional yaitu:
1. Batasan kuota dan tarif bea masuk:
Batasan kuota dalam bisnis
internasional adalah apabila ada suatu negara yang tidak memperbolehkan transfer barang
dalam jumlah yang besar. Sementara tarif bea masuk adalah pajak yang dikenakan
terhadap barang yang diperdagangkan baik barang impor maupun ekspor.
2. Perbedaan bahasa, sosial budaya/cultural:
Perbedaan dalam hal bahasa
seringkali merupakan hambatan bagi kelancaran bisnis Internasional, hal ini
disebabkan karena bahasa merupakan alat komunikasi yang vital baik bahasa lisan
maupun tulis. Pengaruh sosial budaya dalam bisnis internasional
contohnya: Indonesia sebagai Negara berpenduduk mayoritas Islam, pasti menolak
kehadiran Perusahaan Internasional yang menjual makanan haram, semisal
babi. Selain itu dalam hal busana, Perusahaan fashion tidak akan
memasarkan produk bikini dan pakaian terbuka lainnya karena tidak
cocok dengan kultur masyarakat Indonesia yang berpakaian sopan dengan ciri khas
busana yang tertutup.
3. Kondisi politik dan hukum/perundang-undangan:
Hubungan politik yang kurang baik
antara satu negara dengan negara yang lain juga akan mengakibatkan terbatasnya
hubungan bisnis antar kedua Negara tersebut. Ketentuan hukum ataupun
perundang-undangan yang berlaku di suatu negara kadang juga membatasi
berlangsungnya bisnis internasional. Contoh: Saat demokrasi
terpimpin, Indonesia cenderung berpihak pada blok timur, sehingga
kedekatan Indonesia dengan Cina dan Rusia menyebabkan renggangnya hubungan
Indonesia dengan negara blok barat dalam berbagai hal termasuk perdagangan
barang ke dan dari negara blok barat.
4. Hambatan operasional:
Hambatan perdagangan atau bisnis
internasional yang lain adalah berupa masalah operasional, antara lain:
*Transportasi atau pengangkutan barang yang diperdagangkan
tersebut dari negara yang satu ke negara yang lain. Keadaan ombak besar yang
mengganggu perjalanan kapal laut ataupun kondisi cuaca yang mempengaruhi lalu
lintas pengiriman barang melalui udara adalah salah satu contoh masalah
transportasi penghambat kegiatan pengiriman barang sementara waktu.
Keadaan dapat lebih gawat apabila barang yang dikirim adalah barang yang cepat
berada dalam kondisi tidak layak semisal ikan. Waktu pengiriman
barang yang tidak sesuai terkadang membuat Negara yang dituju langsung meng-cancel pembelian
produk tersebut.
*Peraturan atau kebijakan Negara lain, dalam bentuk proteksi yaitu: usaha melindungi industri-industri di dalam negeri agar tidak disaingi oleh industri-industri dari luar negeri yang masuk ke dalam negara tersebut.
Contohnya: ada proteksi atas barang-barang Cina yang berupa
industri alat-alat tulis untuk tidak masuk ke dalam pasar Indonesia, sehingga
Perusahaan alat-alat tulis buatan Indonesia dapat lebih laris di pasar lokal,
selain itu pemerintah biasanya memberi pinjaman untuk pengembangan usaha
kepada perusahaan tersebut sehingga suatu saat dapat bersaing di
pasar internasional.
*Perbedaan tingkat upah:
Dapat dicontohkan apabila ada perusahaan multinasional yang
dalam perluasan usahanya ke suatu Negara, memberikan upah kepada
karyawannya terlalu kecil dikarenakan berbagai hal semisal kurs mata
uang.
5. JENIS-JENIS PERUSAHAAN MULTINASIONAL
Perusahaan multinasional yaitu suatu perusahaan yang berbasis di satu negara (negara induk) akan tetapi perusahaan itu memiliki kegiatan produksi ataupun pemasaran cabang di negara – negara lain (negara cabang). Berikut jenis-jenis perusahaan multinasional yang sangat terkenal:
1. DUNKIN’
DONUTS Dunkin’Donuts pertama kali masuk ke Indonesia melalui
Penanaman Modal Asing Langsungnya dengan membuka perusahaan pertamanya di
Jakarta. Dunkin’ Donutssebelumnya juga telah membuka cabang-cabangnya (franchise) di
berbagai negara, seperti negara-negara di Eropa. Dunkin’Donuts pada
mulanya tumbuh dan berkembang di kota Boston, Amerika Serikat pada tahun 1940
(dengan nama awal Open Kettle). Kemudian perusahaan ini terus tumbuh dan
berkembang hingga akhirnya pada tahun 1970, Dunkin’Donuts telah
berhasil menjadi perusahaan dengan merek internasional. Kemudian pada tahun
1983 perusahaanDunkin’Donuts dibeli oleh Domecq Sekutu (Allied Domecq) yang
juga membawahi Togo’s danBaskin Robins. Di bawah Allied
Domecq, perluasan pasar Dunkin’Donuts secara internasional semakin
diintensifkan. Hingga akhirnya gerai Dunkin’Donuts tersebar tidak
hanya di benua Amerika saja, tetapi juga meluas ke benua-benua seperti
Eropa dan Asia. Di Indonesia sendiri, Dunkin’ Donuts mulai merambah pasarnya
pada tahun 1985 dengan gerai pertama didirikan di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta
Pusat. Khusus wilayah Indonesia, master franchise Dunkin’Donutsdipegang
oleh Dunkin’ Donuts Indonesia. Saat pertama kali Dunkin’Donuts membuka
gerai pertamanya di Indonesia (pada tahun 1980-an), tidak ada reaksi keras dari
masyarakat untuk menentang perusahaan tersebut masuk. Masyarakat cenderung
menyambut positif upaya perusahaan tersebut dalam memperluas jaringan pasarnya.
Mereka merasa senang atas hadirnya Dunkin’Donuts di Indonesia.
2. LEVI’S JEAN
Sebuah kisah menggambarkan sejarah celana jeans yang
telah diciptakan oleh Levi Strausstahun 1880 ini, delapan tahun setelah jeans masuk
ke Amerika Serikat (AS) tahun 1872. Jeans Levis pertama kali dibuat
di Genoa, Italia tahun 1560-an. Kain celana ini biasa dipakai oleh angkatan
laut. Orang Prancis menyebut celana ini dengan sebutan “bleu de Génes”,
yang berarti biru Genoa. Meski tekstil ini pertama kali diproduksi dan dipakai
di Eropa, tetapi sebagai fashion, jeans dipopulerkan di AS oleh Levi
Strauss, seorang pemuda berusia dua puluh tahunan yang mengadu peruntungannya
ke San Francisco sebagai pedagang pakaian. Ketika itu, AS sedang dilanda demam
emas. Levi Strauss & Co. adalah produsen pakaian di Amerika
Serikat yang berdiri pada tahun 1853 oleh Levi Strauss. Perusahaan ini
bersifat internasional dengan 3 divisi geografis yaitu:
1. Levi Strauss North Americas,
bermarkas di San Francisco,
2. Levi Strauss Europe, dengan markas
di Kota Brusel,
3. Levi Strauss Asia Pacific, markas di
Singapura.
Jumlah karyawan perusahaan Levi Strauss & Co.
sampai saat ini telah mencapai sekitar 8.850 di seluruh dunia.
3. EPSON
Awalnya EPSON yang ada saat ini memang bukan berasal dari
Indonesia, produk asal Jepang ini menjadikan Indonesia sebagai pusat
produksinya. EPSON sesungguhnya berawal dari usaha jam merek Seiko. Ya,
merek jam yang terkenal itu merupakan cikal bakal berdirinya EPSON. Boleh
dibilang EPSON adalah anak kandung Seiko. Didirikan Hisao Yamazaki pada
1942, Seiko berada di bawah bendera Daiwa Kogyo. Kala itu, Seiko amat
terkenal akan keunggulannya dalam teknologi presisi kinetiknya. Teknologi ini
sangat memperhatikan detail, ketepatan, serta keakuratan secara mekanis dan
berulang. Sebuah teknologi yang mencerminkan gaya hidup orang
Jepang.
4. KFC
KFC (dulu dikenal dengan nama Kentucky Fried Chicken)
adalah suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands, Inc yang
bermarkas di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Didirikan oleh Col.
Harland Sanders, KFC dikenal terutama karena ayam gorengnya, yang biasa
disajikan dalam bucket. Col. Sanders mulai menjual ayam gorengnya di
pom bensin miliknya pada tahun 1939 di Corbin, Kentucky yang selanjutnya pindah
ke sebuah motel. Ia menutup usahanya pada akhir 1940-an sewaktu jalan tol
Interstate melalui kotanya. Pada awal 1950-an, ia mulai berkeliling Amerika
Serikat dan bertemu dengan Pete Harman di Salt Lake City, Utah, dan pada tahun
1952 bersama-sama mendirikan restoran Kentucky Fried Chicken yang pertama di
dunia (restoran pertamanya tidak menggunakan nama tersebut). Sanders menjual
seluruh waralaba KFC pada tahun 1964 senilai 2 juta USD, yang sejak itu telah
dijual kembali sebanyak tiga kali. Pemilik terakhir adalah PepsiCo, yang
menggabungkannya ke dalam divisi perusahaan Tricon Global Restaurants yang
sekarang dikenal sebagai Yum! Brands, Inc. Pada tahun 1997, Triconterpisah
dari PepsiCo. Di Indonesia, pemegang hak waralaba tunggal KFC adalah PT.
FastfoodIndonesia, Tbk (IDX: FAST) yang didirikan oleh Kelompok Usaha Gelael
pada tahun 1978, dan terdaftar sebagai perusahaan publik sejak tahun 1994.
Restoran KFC pertama di Indonesia dibuka pada bulan Oktober 1979 di Jalan
Melawai, Jakarta.
5. LG
Didirikan pada 1947, Lucky Chemical Industrial Co. (sekarang
disebut LG Chemical), adalah merupakan perusahaan kimia pertama di Korea.
Perusahaan ini merupakan sebuah kerja sama antara keluarga Koo dan Heo, yang
memiliki bisnis yang telah saling bersaing satu sama lain untuk beberapa
generasi. Grup ini memperluas ke peralatan rumah tangga pada tahun 1958 di
bawah nama Goldstar Electronics Co. GeumSung being Planet Venus (sekarang
disebut LG Electronics), yang merupakan perusahaan elektronik pertama di
negara tersebut. LG Indonesia didirikan pada 15 Desember 1990 yang
berpusat di Gedung Garuda Indonesia.
6. BLACKBERRY
Berawal dari perusahaan kecil dengan modal hasil pinjaman, RIM
berkembang menjadi perusahaan yang paling di kagumi dan di hormati di Kanada.
Kisah sukses perusahaan dengan nama lengkap Research In Motion Ltd ini,
berawal dari keinginan seorang pemuda yang di drop outdari kampusnya untuk
membuktikan diri. Adalah seorang berkebangsaan Yunani bernama Mike Lazardis
yang berimigrasi dari Turki ke Kanada pada tahun 1967. Pada usianya
yang ke 23, Lazardis mendapat kenyataan pahit karena di keluarkan dari
Universitas Waterloo, dimana dia mendalami teknik elektro. Lazardis mendapat
pinjaman modal usaha dari teman dan keluarganya. Dengan modal tersebut,
Lazarsis dan dua temannya mendirikan RIM di Waterloo,Ontario Kanada pada tahun
1984. BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada
pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub.
Dikutip dari :
http://www.google.com
http://www-bisnis.org/pengertian-bisnis-internasional
> http://dwisetiati.wordpress.com/2010/12/20/bisnis-intern
http://wahyudanu93.blogspot.com/2012/01/bab-14-bisnis-internasional.html
http://zainal33.wordpress.com/2012/05/07/kebijaksaan-pemerintah/
http://bugiskha.wordpress.com/2012/04/13/alasan-dan-manfaat-dari-perdagangan-internasional/
Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
BalasHapusAnda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.
Apakah Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana? Dalam 24 jam, PERUSAHAAN PINJAMAN GLORIA (GLC) menyediakan semua jenis pinjaman Internasional / Lokal, misalnya pinjaman bisnis, pinjaman rumah, dan lain-lain Pinjaman dengan tingkat bunga 2%. Siapa pun yang tertarik harus menghubungi kami melalui email dengan informasi di bawah ini;
BalasHapusData pemohon:
1) Nama Lengkap:
2) Negara
3) Alamat:
4) Seks:
5) Bekerja:
6) nomor telepon:
7) Posisi saat ini di tempat kerja:
8 Penghasilan bulanan:
9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
10) Periode pinjaman:
11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
12) Tanggal Lahir:
E-mail: (gloriasloancompany@gmail.com) ATAU Nomor Whatsapp: Nomor WhatsApp: +1 (361) 645-7557.
Terima kasih
Dapatkan pinjaman dana paling tinggi hanya dengan gadai bpkb mobil, proses pencairan cepat serta suku bunga rendah dan pembiayaan kredit mobil bekas dp murah untuk seluruh wilayah di Indonesia.
BalasHapusUntuk informasi pengajuan pinjaman dana jaminan bpkb mobil atau pembiayaan mobil bekas, Silahkan hubungi marketing kami berikut ini. Cukup melalui sms atau whatsapp secara online, Kemudian marketing kami akan menghubungi Anda.
Office :
Jl. Margonda Raya No 88 A-C, Depok, Jawa Barat
Phone : 021-77204222, 021-77204333, 021-77204888
Fax : 021-77200022, 021-77205111
Contact Person :
Sukma Dinata ( Marketing Officer )
Tlp/ Sms/ WhatsApp/ Line : 081280295839
https://www.jaminkanbpkb.com/
https://www.jaminkanbpkb.com/p/leasing-pembiayaan-kredit-mobil-bekas.html
https://www.jaminkanbpkb.com/p/syarat-gadai-bpkb-mobil.html
https://www.jaminkanbpkb.com/p/pinjaman-jaminan-bpkb-mobil.html
https://www.jaminkanbpkb.com/p/cara-gadai-bpkb.html